Minggu, 01 Januari 2017

Toko Superdek Terjangkau Purwokerto 2017 2018 2019

Membangun Rumah Tropis Toko Superdek Terjangkau Purwokerto 2017 2018 2019
Toko Superdek Terjangkau Purwokerto 2017 2018 2019

Pertama mendengar tentang istilah Rumah Tropis tentunya cukup membingungkan. Apa sih sebenarnya Rumah Tropis itu? Rumah Tropis adalah rumahyang memiliki bentuk maupun elemen – elemen pembentuknya  dirancang sedemikian rupa sehingga cocok dan nyaman untuk daerah yang beriklim tropis. Konsep Desain Rumah Tropis akan mengoptimalkan potensi iklim tropis dan mengurangi dampak/ pengaruh buruk iklim tropis. Dengan kata lain konsep desain rumah tropis adalah konsep desain yang mampu beradaptasi dengan iklim tropis. Nah, jadi sebenarnya dari namanya saja, rumah tropis sudah dapat ditebak seperti apa. Mengapa informasi mengenai Rumah Tropis itu begitu penting untuk diketahui oleh banyak orang? Apalagi Indonesia. Negara Indonesia ternyata terletak di sebuah kawasan tropis. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai konsep desain rumah tropis kita perlu mengenal terlebih dahulu apa dan bagaimana daerah dengan iklim tropis itu. Daerah beriklim tropis adalah daerah yang berada  diantara garis 23 derajat Lintang Utara dan Lintang Selatan dan berada di sekitar garis khatulistiwa.

Iklim yang terpapar di kawasan Tropis sangat dipengaruhi oleh penyinaran matahari yang terjadi secara terus menerus sepanjang tahun. Dalam hal ini, faktor cahaya matahari menjadi salah satu potensi iklim dan sekaligus kendala bagi kehidupan manusia. Daerah dengan iklim tropis juga mempunyai permasalahan yaitu kondisi udara yang panas akibat suhu udara dan kelembaban udara yang tinggi. Kondisi udara yang panas tersebut dirasakan melebihi batas ambang kenyamanan. Termasuk didalamnya adalah mengenai hunian atau rumah. Rumah yang merupakan tempat singgah dan tempat bertemu semua anggota keluarga tentunya harus disusun dan dirancang senyaman mungkin. Bukan permasalahan luas ruangan atau luas rumah, tetapi iklim didalamnya dan suasana kehidupan didalamnya menjadi faktor utama. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa permasalahan utama di daerah iklim tropis adalah permasalahan suhu udara yang cukup panas. Untuk itu dalam konsep desain rumah tropis, perlu adanya pengendalian suhu udara di dalam rumah.



Lantas bagaimana dunia bangunan menjawab tantangan tersebut? Pengendalian suhu tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama adalah memperbesar volume ruang atap. Kedua, memperluas bukaan ventilasi agar volume angin yang masuk ke dalam ruangan menjadi lebih banyak. Ketiga, melakukan penataan ruang yang bersifat terbuka sehingga angin lebih mudah bergerak di dalam ruangan. Keempat, adalah memasukkan unsur air yang cukup di dalam ruangan. Misalnya adalah dengan membuat kolam ikan buatan di dalam rumah. Selain itu, memperbanyak unsur hijau atau tanaman juga bisa membuat suhu udara di dalam rumah menjadi lebih baik.

Dalam pembahasannya, perancangan rumah yang akan di bangun di dalam area tropis sungguh sangat mempengaruhi. Terutama adalah membuat ruang gerak dan ruangan atap yang lebih longgar sehingga suhu udara di dalam rumah tidak terlalu panas. Selain itu, pengadaan ventilasi yang cukup dan penataan ruangan yang baik tentunya juga sangat mempengaruhi.

http://solusibangunan.info/download-brosur

http://solusibangunan.info/download-brosur

 banjarnegara, banyumas, batang, blora, boyolali, brebes, cilacap, demak, gerobogan, jepara, karanganyar, kebumen, kendal, klaten, kudus , purwodadi, rembang, tuban, magelang, pati, pekalongan, pemalang, purbalingga, purworejo, rembang, semarang, sragen, sukoharjo, tegal , temanggung, wonogiri, wonosobo, magelang, pekalongan, salatiga, surakarta, tegal, sleman, wates, gunung kidul, purworejo, bantul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar